Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpukul Kenaikan Dollar AS, P&G Akan Jual 100 Mereknya

Kompas.com - 22/02/2015, 19:53 WIB

CINCINNATI, KOMPAS.com - Perusahaan Procter & Gamble (P&G) berniat melepas 100 merek miliknya. Penjualan ini akan merampingkan portofolio perusahaan yang tengah terpukul oleh kenaikan dollar AS.

John Moeller, Chief Financial P&G mengatakan pada analis Wall Street, penjualan merek tersebut akan mengurangi penjualan tahunan sekitar 14 persen. Tapi penjualan portofolio itu akan mendatangkan pendapatan sampai 11 miliar dollar AS, seperti dikutip USA Today.

Perusahaan yang sahamnya dimiliki Berkshire Hathaway ini memperkirakan, penjualan 100 portofolio akan rampung pada pertengahan 2016 mendatang.

Salah satu merek yang akan dilepas adalah produsen baterai Duracell yang diperkirakan membawa pendapatan sekitar 2,6 miliar dollar AS pada kinerja P&G tahun depan. Akhir tahun lalu, Berkshire telah menjual sebagian saham Duracell senilai 4,7 miliar dollar AS.

Moeller mengatakan, aset yang akan dijual bukanlah bisnis yang buruk. Hanya saja, tidak mencapai target.

Analis memperkirakan, merek produsen perabot Braun dan produsen perawatan rambut Wella akan masuk dalam daftar merek yang dilepas perusahaan.

Pada Januari lalu, P&G yang juga memiliki merek Pantene dan deterjen Tide ini mengatakan, penguatan dollar berimbas lebih buruk ketimbang yang diantisipasi terhadap pendapatan.

Penguatan dollar AS telah memukul 450 juta dollar AS dari total pendapatan kuartal IV dan diperkirakan memakan potensi 1,2 miliar dollar AS dari pendapatan sepanjang tahun ini. "Kami belum pernah merasakan imbas kurs sebesar ini," kata Moeller pada 27 Januari lalu, dikutip Forbes.

Dollar AS telah menguat 6 persen terhadap mata uang utama dunia sepanjang tahun lalu. Tahun ini, Greenback melanjutkan penguatan 3 persen. (Sanny Cicilia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com