Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Jokowi Tengok Gudang Bulog

Kompas.com - 24/02/2015, 18:19 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan menengok kesiapan Badan Urusan Logistik (Bulog)  memenuhi kekurangan pasokan beras di pasar sehingga harga beras melambung.

Rencananya, Presiden Jokowi akan mengunjungi gudang Bulog besok, Rabu (25/2/2015). "Besok, Pak Presiden akan melihat kondisi perberasan di lapangan," kata Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Selasa (24/2/2015) sembari mengungkapkan bahwa presiden ingin melihat bagaimana kerja Bulog dalam menyalurkan beras.

Sebelumnya, pemerintah sudah memutuskan untuk menggelontorkan 300.000 ton beras raskin mulai hari ini untuk memenuhi kebutuhan. Selain menambah pasokan beras dari Bulog, Sofyan mengatakan pemerintah juga melakukan operasi pasar untuk menekan harga. "Jadi masyarakat jangan khawatir. Pemerintah gelontorkan sebanyak mungkin yang dibutuhkan. Sehingga kebutuhan di pasar terpenuhi," ucap dia.

Menurut Sofyan, kekurangan stok beras saat ini akan teratasi saat panen pada  April mendatang.  Namun, apabila masih terjadi masalah di lapangan, pemerintah siap mengeluarkan beras cadangan yang dimiliki Bulog.

Saat ini, sebut dia, Bulog memiliki beras cadangan sebesar 1,4 juta ton. "Pemerintah akan lepaskan berapa yang dibutuhkan agar harga beras stabil," ucap dia.

Seperti diberitakan, harga beras mulai naik dalam beberapa pekan terakhir. Di pasar-pasar, beras kualitas menengah yang awalnya Rp 9.000 per kilogram kini rata-rata sudah naik 30 persen menjadi Rp 12.000 per kilogram. Harga beras kualitas premium sudah mencapai Rp 15.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 11.000 per kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com