Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Yang Mainkan Pupuk, Masukkan ke Penjara!

Kompas.com - 26/02/2015, 19:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis

Sumber Antara

MALANG, KOMPAS.com – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memastikan ke depan tidak akan adalagi yang berani bermain-main dengan penyaluran pupuk. Pasalnya, pemerintah telah berkoordinasi dengan Kepolisian RI, untuk membasmi para mafia pupuk.

“Kami minta tolong, catat ini. Copot distrubutor yang main-main. Yang mainin rakyat, copot,” ucap Amran saat panen raya dan tanam serentak, di Desa Ngebruk, Kecamatan Sumber Pucung, Malang, Jawa Timur, Kamis (26/2/2015)

“Copot, dan masukkan ke penjara. Ini memang pahit, tapi ini jamu demi akan cucu kita. Jangan sampai, kita wariskan impor beras, impor cabai, impor gula, dan seterusnya,” tandas Amran.

Rabu malam, Amran mengatakan, hingga saat ini sudah 20 mafia pupuk bersubsidi di beberapa daerah sudah ditangkap.

"Di sini (Jawa Timur) saja sudah enam grup distributor terlibat. Di Jawa Tengah juga enam. Sisanya, Jambi, Sumatera Utara, Aceh, Sulsel. Yang jelas sudah ada 20an," kata dia.

Ia mengatakan, para pelaku biasanya mengoplos pupuk bersubsidi dan pupuk biasa lalu menjualnya ke para petani dengan harga mahal. Mereka sudah lama melakukan praktik itu, bahkan di antaranya sudah ada yang membuat pabrik.

Amran menyebutkan, pemerintah akan mencabut izin usaha perusahaan atau kelompok-kelompok distributor pupuk bersubsidi yang terbukti melakukan pengoplosan atau menghambat penyaluran pupuk.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com