Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Pembayaran Tiket di Bandara Bisa Tunai Melalui Customer Service

Kompas.com - 02/03/2015, 17:08 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyampaikan bahwa masyarakat masih bisa membeli tiket melalui konter layanan konsumen (customer service) di bandara setelah loket tiket airlines dihapus. Loket tiket airlines di Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu telah ditutup menyusul kebijakan baru yang ditetapkan Jonan.

"Ini diubah jadi customer service sehingga disediakan pakai online di situ, pakai call center juga sudah ada koneksinya di situ. Pakai ATM juga bisa belinya," kata Jonan di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (2/3/2015).

Jonan mengeluarkan kebijakan yang menutup loket penjualan tiket airlines di bandara secara bertahap. Kebijakan ini berlaku mulai 1 Maret di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Kualanamu Medan.

Berdasarkan kebijakan tersebut, calon penumpang didorong untuk membeli tiket penerbangan secara online. Kendati dipesan melalui online, Jonan mengatakan bahwa pembayaran tiket juga bisa dilakukan secara tunai di bandara melalui loket layanan konsumen.

"Kalau yang enggak punya ATM segala macam bagaimana, ya bisa dilayani dengan customer service. Bisa juga bayar tunai," ujar dia.

Berbeda dengan Jonan, Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan bahwa pembelian tiket di bandara masih bisa dilakukan asalkan melalui transaksi nontunai. Ia mengatakan bahwa tujuan kebijakan penutupan loket penjualan tiket di bandara tersebut untuk mengurangi transaksi tunai.

Oleh karena itu, reservasi tiket maskapai bisa dilakukan melalui ATM. Selain melalui ATM, nantinya masyarakat juga bisa membeli tiket langsung di bandara melalui komputer yang disediakan AP II. Artinya, masyarakat bisa melakukan reservasi melalui komputer yang ada di bandara.

Sementara itu, konter layanan konsumen (customer service) sebagai pengganti loket tiket di bandara, diperuntukkan untuk melayani kebutuhan perubahan jadwal penerbangan, perubahan rute penerbangan, melakukan proses refund (pengembalian uang tiket), termasuk layanan pembatalan penerbangan.

Sebelumnya, Menhub Jonan sempat mengatakan bahwa penutupan loket tiket di bandara untuk mencegah calo tiket. Bahkan, Jonan mengatakan bahwa calo tiket di bandara sudah sangat bising.

Ia mengatakan bahwa industri penerbangan nasional harus mampu melakukan modernisasi penjualan tiket pesawat. Hal itu penting dilakukan untuk meminimalisir praktik percaloan di bandara. Ia mencontohkan, saat bertugas di PT KAI, ia melakukan berbagai perbaikan di stasiun.

Salah satu poin penting kata dia, KAI berhasil menterapkan sistem penjualan tiket secara online melalui kerja sama minimarket, sehingga masyarakat mudah mendapatkan tiket. Hal itu menurutnya, mampu membuat para calo yang biasanya marak menjadi berkurang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com