Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Siap Bayar Pesangon Semua Karyawan

Kompas.com - 02/03/2015, 19:01 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan bahwa General Motors (GM) siap bertanggung jawab membayar pesangon semua karyawannya pascapenutupan pabrik di Bekasi, Jawa Barat. Pembayaran pesangon tersebut akan sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang berlaku.

"Tadi mereka (GM) datang ke saya. Yang saya tekankan ialah bagaimana nasib karyawan yang jumlahnya ratusan. Mereka sampaikan bahwa mereka bertanggung jawab dan akan penuhi aturan ketengakerjaan," ujar Saleh saat ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Dia menjelaskan, GM akan membayar pesangon karyawannya sebesar 9-10 bulan gaji. Sementara itu, ada 50-70 karyawan yang akan didistribusikan kepada perusahaan otomotif asal Tiongkok yang akan segera membangun pabrik di Indonesia.

Menurut Menperin, GM dan Wuling memiliki kerja sama bisnis, dan berencana untuk segera memproduksi mobil murah di Indonesia. "Mereka (Wuling) cukup besar produksinya. Rencana produksi 150.000 unit, jauh lebih besar dari ini (GM). Wuling sudah bebaskan lahan. Dia mulai produksi 2017," kata Menperin.

Lebih lanjut, Saleh mengaku sudah bertemu dengan Wuling terkait investasi di Indonesia. Menurut rencana, perusahaan asal Tiongkok itu akan memproduksi mobil jenis MPV. "Saya belum tahu sasaran Wuling apa. Waktu itu mereka sampaikan, Wuling ketemu saya, mau masuk MPV. Nanti kita lihat," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com