Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koperasi Harus Bisa Bersaing dengan Usaha Ritel

Kompas.com - 10/03/2015, 12:48 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Anak Agung Gde Puspayoga mengatakan, koperasi seharusnya bisa bersaing dengan usaha ritel seperti Indomart ataupun Alfamart. Hal itu bisa terwujud bila koperasi dikelola dengan baik.

Puspayoga memberi contoh, merek dagang ACE Hardware yang berawal dari koperasi para tukang di Amerika Serikat.

"Koperasi luar biasa kalau dikelola dengan baik. Di Jakarta saja dia bisa bersaing dengan Indomart, dia koperasi ritel dengan kumpulan warung. Jadi berkumpul jadi satu, beli barang pabrikan bisa. Dia bisa jadi besar dia," kata Puspayoga dalam acara Penjurian Nasional Program Wirusaha Mandiri 2014, Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Ia mengatakan, saat ini 30 persen dari total 206.000 koperasi di Indonesia ternyata tidak aktif.

"Kita akan cek benar tidak kalau mereka (koperasi) tidak aktif. Kalau tidak akan kita keluarkan. Kita surati dia membalas dan bilang aktif maka akan dimasukkan, yang tidak respon akan dikeluarkan. Saat ini kita sudah bekukan sekitar 200 koperasi, baik di provinsi maupun kabupaten," katanya.

Pada kesempatan itu, Puspayoga juga menjelaskan, pihaknya sedang mendata jumlah UMKM dan koperasi. Menurut dia, pendataan tersebut dinilai penting untuk menyusun program pembinaan atau pengembangan.

"Saya sampaikan memang skrg blm punya data lengkap untuk koperasi, maupun UMKM. Data UMKM awalnya ada 57 juta, tapi kita cek belum ada nama dan alamatnya. Namun hingga saat ini sudah 42 juta yang lengkap. Kalau tidak ada akan sulit merancang program," kata Puspayoga

Menurut dia, kendala untuk mengumpulkan data tersebut adalah tersebarnya UMKM di 23 BUMN.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com