Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Pelemahan Rp 100 terhadap Dollar AS, ada Tambahan ke APBN Rp 2,3 Triliun

Kompas.com - 10/03/2015, 15:49 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, tiap kali rupiah melemah Rp 100 per dollar AS, akan ada tambahan atau surplus anggaran APBN sebesar Rp 2,3 triliun.

“Hitungannya, jika rupiah melemah Rp 100 terhadap dollar AS, dengan tidak ada perubahan asumsi lain, maka surplus ke APBN-nya akan bertambah Rp 2,3 triliun,” kata Bambang dalam konferensi pers, di kantornya, Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Bambang menjelaskan, adanya tambahan anggaran tersebut dihasilkan dari selisih antara penerimaan dari migas dan pertambangan, baik berupa royalti dan bagi hasil migas, dikurangi dengan tambahan pembayaran bunga utang.

“Selisihnya itu tambahan surplus ke anggaran. Ini untuk menjelaskan pelemahan rupiah tidak membahayakan anggaran,” ujar dia.

Bambang lebih lanjut mengatakan, yang paling penting bagi pemerintah adalah menjaga kestabilan makro. Dengan demikian, nilai tukar rupiah harus dijaga dan mencerminkan fundamentalnya. “Sehingga ekspor meningkat, dan current account deficit juga bisa dijaga,” pungkas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com