Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Tersinggung Program Transmigrasi Nelayan Kembali Bergema

Kompas.com - 11/03/2015, 17:07 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti mengaku tersinggung dengan berbagai pihak yang kembali menggemakan program transmigrasi nelayan. Menurut Susi, program tersebut merupakan aksi manuver pihak-pihak yang tak menyukai kebijakan yang saat ini dibuat KKP.

"Dalam beberapa minggu terakhir, saya tahu beberapa pihak bermanuver dengan program transmigrasi nelayan... saya tersinggung dengan cara seperti ini," ujar Susi saat membuka acara di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Dia menjelaskan, program itu akan menjadi kamuflase bagi masuknya kapal-kapal Thailand atau eks Thailand. Kapal itu kata dia akan dicat ulang dan digunakan untuk menangkap ikan secara besar-besaran di daerah yang ikannya masih melimpah.

Susi sangat yakin bahwa program tersebut merupakan program yang sengaja dicuatkan ketika pemerintah sudah melakukan berbagai pelarangan penggunaan alat tangkap yang dinilai merusak biota laut.

Secara khusus Susi pun berpesan kepada para pengusaha lokal di sektor perikanan dan kelautan untuk mewaspadai program transmigrasi nelayan. Pasalnya, apabila program itu berjalan maka kapal-kapal Thailand dikhawatirkan akan kembali marak.

"Saya mengerti pengusaha selalu berfikir untuk kesejahteraan, ekspansi, tapi mohon ilegal fishing yang dilakukan kapal asing jangan sampai saudara-saudara beli jalan, nanti anda yang rugi," kata Susi.

baca juga: Asosiasi Tuna: Jika "Transshipment" Boleh, Pengusaha Ikan Bisa Beli Mobil Mercy

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com