Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebersihan dan Penatu Bisa Jadi Model Bisnis

Kompas.com - 26/03/2015, 20:27 WIB


KOMPAS.com - Jasa kebersihan dan penatu bisa menjadi model bisnis mengingat target yang membidik 20 juta wisatawan mancanegara hingga 2020. Hingga kini, pemerintah Indonesia sudah menyepakati bebas visa masuk ke Indonesia bagi wisatawan asal 30 negara.

Menurut pandangan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya saat membuka Expo Clean dan Expo Laundry 2015 hari ini di Jakarta, pada dua bidang tersebut, ada peluang bisnis.

Arief menceritakan pengalamannya saat menjadi orang nomor satu di PT Telkom. Waktu itu, pihaknya membina 125.000 warung telekomunikasi di daerah.

Melalui target pariwisata itu, Arief memberi tantangan kepada Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (Apklindo) dan Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI) untuk berkontribusi menyediakan penatu (laundry) umum di setiap kecamatan, toilet bersih terstandard di setiap destinasi wisata dan tempat umum. "Ini bisa menciptakan pengusaha baru di daerah," tuturnya.

Arief Yahya juga mengajak Apklindo dan Asosiasi Toilet Indonesia bekerja sama membuat standard baku pembuatan dan pemeliharaan toilet. Dengan demikian setiap pengelola destinasi wisata akan memiliki panduan tentang bagaimana membuat dan memelihara toilet yang layak dan nyaman bagi pengunjungnya. Ajakan itu, kata Ketua Apklindo H.M. Shiddiq SP disambut baik pihaknya.

Catatan menunjukkan  Expo Clean dan Expo Laundry 2015 berlangsung tiga hari sejak hari ini. Kedua pameran dagang itu menampilkan berbagai produk kebersihan mulai dari kebersihan komersil, kebersihan industri, kebersihan publik, hingga kebersihan rumah dan pribadi berikut berbagai produk dan mesin penatu.

Pada pameran perdana setahun silam, berhasil menarik hampir 4000 pengunjung dan lebih dari 100 peserta pameran. Pada pameran edisi kedua ini ada 150 peserta pameran yang berasal dari 16 negara. Pameran diharapkan akan menarik hingga 6000 pengunjung dari berbagai kalangan seperti pengelola gedung, hotel, sekolah, dan rumah sakit. Penyelenggara pameran kali ini adalah PT Media Artha Sentosa. Sementara, mitra prinsipal Expo Clean adalah Kaercher Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com