Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikritik Faisal Basri soal Harga Premium, Ini Dalih Pertamina

Kompas.com - 03/04/2015, 13:27 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) menjawab kritikan Ketua Tim Tata Kelola Migas Faisal Basri soal harga BBM RON 88 atau premium di Indonesia lebih mahal daripada BBM RON 92 di Malaysia.

Menurut Vice President Coorporate Communication Pertamina Wianda Pisponegoro, perseroan saat ini terus berusaha untuk lebih efisien. Salah satu langkahnya ialah dengan melakukan pemotongan mata rantai impor BBM.

"Saya rasa bukan hanya Pertamina yang melakukan upaya efisiensi. Semua perusahaan di dunia wajar melakukan efisiensi. Pertamina juga kerap melakukan pemotongan mata rantai sebagai upaya efisiensi karena nilai-nilai itu yang kerap kita lakukan," ujar Wianda di Subang, Kamis (2/4/2015).

Menurut Wianda, pihaknya selalu berkonsultasi dengan pemerintah dalam menentukan harga BBM. Artinya, penentuan harga sebenarnya juga ada campur tangan pemerintah dan tak hanya Pertamina sendirian.

Sementara itu, terkait harga BBM RON 88 di Indonesia lebih mahal dengan RON 92 di Malaysia, dia mengatakan bahwa hal tersebut karena Malaysia bukanlah negara importir BBM dan tingkat konsumsi BBM-nya lebih rendah daripada Indonesia.

"Volume konsumsi BBM masih besar Indonesia. Mereka lebih banyak lakukan ekspor minyak," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com