Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Gabah di Bone Masih di Bawah HPP

Kompas.com - 05/04/2015, 12:48 WIB
Estu Suryowati

Penulis

BONE, KOMPAS.com – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta tim Upaya Khusus Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, untuk bekerja sama dengan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) dan segera menyerap produksi petani. Hal tersebut dilakukan melihat masih rendahnya harga gabah kering panen (GKP) petani di wilayah tanah kelahirannya itu.

Amran mendapati fakta tersebut ketika berinteraksi dengan para petani dalam agenda panen raya di Kabupaten Bone, kemarin (4/4/2015).

“Harga gabah berapa?” tanya Amran. Para petani secara serentak menjawab Rp 3.500 per kilogram.

“Ada Bulog? Ketua Upsus tolong kerja sama dengan Bulog untuk menyerap. Buat surat langsung ke Jakarta. Insya Allah hari Rabu rapat dengan Presiden, akan saya laporkan,” kata Amran.

Amran menegaskan, harga GKP saat ini minimal Rp 3.700 per kilogram. Harga ini sudah naik 10,4 persen dari penetapan harga pembelian pemerintah (HPP) 2012. “Dua tahun tidak pernah naik kan HPP?” ucap Amran.

Dalam Inpres Nomor 5 tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah, disebutkan untuk harga pembelian GKP dalam negeri dengan kadar air maksimum 25 persen dan kadar hampa maksimum 10 persen adalah Rp 3.700 per kilogram (kg) di petani, atau Rp 3.750 per kg di penggilingan.

Harga Pembelian Pemerintah untuk gabah dan beras tersebut mengalami peningkatan dibandingkan HPP yang diterapkan dalam Inpres Nomor 3 tahun 2012, dengan harga pembelian GKP dalam negeri dengan kadar air maksimum 25 persen dan kadar hampa maksimum 10 persen adalah Rp 3.300 per kilogram (kg) di petani, atau Rp 3.350 per kg di penggilingan. (Baca: Presiden Jokowi Naikkan HPP Gabah dan Beras)

Kendati mengalami kenaikan, HPP yang ditetapkan pemerintah dinilai masih rendah. “HPP gabah dan beras hanya naik sebesar 10,6 persen sampai dengan 12,0 persen jauh lebih rendah dari total inflasi 3 tahun terakhir ini sebesar 21,03 persen,” kata Ketua Umum Asosiasi Bank Benih Tani Indonesia (AB2TI), Dwi Andreas Santosa, dalam keterangan tertulis, Senin (23/3/2015).

Guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut menilai pemerintah Jokowi “memunggungi” petani. Berdasarkan laporan jaringan tani anggota AB2TI di berbagai wilayah saat ini terjadi penurunan harga gabah kering sawah yang signifikan dan sangat merugikan petani kecil.

Harga gabah di tingkat petani di beberapa tempat saat ini hanya dihargai Rp 2.900 per kilogram, seperti di Lamongan, Rembang sampai Brebes. Harga gabah juga tercatat hanya mencapai Rp 3.300 per kilogram di gudang dolog Tuban, dan Rp 3.100- Rp 3.600 per kilogram di Sragen, Nganjuk, Purbalingga, serta Pasuruan.

“Petani sangat dirugikan dan terancam tidak memiliki modal untuk tanam berikutnya. Petani dibiarkan sendiri sehingga terkesan pemerintah memunggungi petani. Ketidakberpihakan pada petani kecil juga nyata pada penetapan HPP pada Inpres No.5 tahun 2015. Petani kecil memohon Presiden segera merevisi HPP sehingga harga gabah di tingkat petani minimum Rp 4.000 per kilogram,” kata dia. (baca: HPP Gabah dan Beras yang Diteken Jokowi Dinilai Masih Rendah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com