Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pilot Wanita Tumbuh di Atas 100 Persen

Kompas.com - 12/04/2015, 18:16 WIB


Kesempatan berkarier sebagai pilot bagi perempuan Indonesia kian terbuka. Sebagian besar maskapai penerbangan memang membuka peluang bagi mereka untuk masuk di jajaran ujung tombak perusahaan.

Sekolah-sekolah pilot pun sekarang lebih banyak dibandingkan era 2000-an. Hampir semua sekolah pilot pasti ada siswa perempuan.

Indonesia Women Pilot, yang dibentuk 21 April 2014, mencatat ada lebih dari 135 pilot perempuan di Indonesia yang minimal memiliki lisensi pilot privat atau PPL (Private Pilot License). Jumlah ini dua kali lipat ketimbang lima tahun yang lalu. 

Para pilot wanita ini pun membentuk forum komunikasi (asosiasi) "Women Pilot". Bukan hanya sebatas ajang eksis semata, tapi kumpul-kumpul ini dijadikan ajang sharing dan menambah pembekalan ilmu dari yang senior ke junior-nya.

Soal tampilan pilot, Nurmala Dewi (Mala), pilot Citilink Indonesia yang juga mantan pramugari memberi pendapat.

"Pilot ini kan pekerjaan laki-laki yang macho dan maskulin. Perempuan itu bisa dilihat dari sisi maskulin tapi juga good looking, enak dilihat. Kita tetap tak bisa hilangkan sisi kewanitaan. Karena kalau kita turun dari pesawat kan banyak juga yang melihat kita," ujarnya.

Apa dan bagaimana “suara” mereka di tengah pertumbuhan penumpang angkutan udara di Tanah Air? Cari tahu lebih lengkap kegiatan women pilot ini. Mereka akan berbagi kisah dengan Anda hanya di Majalah Angkasa edisi April 2015.

ANGKASA Statistik pilot perempuan di Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com