Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Lebaran Tambahan Hanya untuk Rute Prioritas

Kompas.com - 14/04/2015, 19:44 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tiket kereta api reguler untuk Lebaran tahun ini sudah dijual oleh PT Kereta ApI Indonesia (Persero) atau KAI sejak akhir pekan lalu. Antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap tiket KA tersebut langsung disikapi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko, KA tambahan akan disiapkan oleh Kemenhub sebagai antisipasi lonjakan jumlah penumpang. Namun, Kemenhub mengatakan KA Lebaran tambahan tersebut hanya untuk rute prioritas saja. "Yang prioritas itu pasti KA untuk Jawa Tengah yaitu Jalarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta," ujar Hermanto di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (14/5/2015).

Sementara itu, saat ditanya kapan tiket KA tambahan untuk Lebaran tersebut akan dijual, Hermanto mengatakan pihaknya masih mengkaji hal tersebut. Nantinya kata dia akan ada beberapa KA baru yang khusus untuk mengangkut para pemudik tersebut. "Tidak, bukan tambah gerbangnya tapi tambahan KA, namanya KA Lebaran ," kata dia.

Selain itu, Kemenhub juga mengatakan bahwa KA khusus motor akan tetap disediakan sebagai alternatif para pemudik yang selama ini memilih membawa menggunakan motor untuk mudik. Pemerintah pun sudah menyediakan anggaran Rp 5 miliar untuk pemberian subsidi KA khusus motor tersebut. Sehingga, nantinya masyarakat tak dikenai biaya menggunakan angkutan Lebaran khusus pengangkut kendaraan roda dua tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com