Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Minta Anak Buahnya Lebih Waspada

Kompas.com - 21/04/2015, 16:47 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan arahan agar ke depan, aparat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) lebih waspada terhadap pihak manapun agar kasus meninggalnya Yoseph Sairlela tidak terulang.

Meski Susi enggan berasumsi bahwa meninggalnya Kepala Pos Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Benjina itu ada kaitannya dengan peran Yoseph sebagai saksi kunci, namun tidak bisa dipungkiri bahwa kejadian itu erat kaitannya dengan upaya pemberantasan penangkapan ikan ilegal.

“(Jadi) Ke depan kita antisipasi. Kita sudah tahu seperti ini (resikonya) kita perangi illegal fishing untuk sumber daya alam Indonesia. Kita semua mesti waspada. Tapi (tentu) kita tidak boleh berasumsi, karena hasil visumnya belum ada,” kata Susi, di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Susi mengaku tidak menduga akan terjadi hal seperti yang menimpa Yoseph. Tapi umumnya, kata dia, pasti ada perlindungan saksi terhadap suatu kasus hukum.

“Kemarin kita tidak berbikir bahwa ini (Benjina) akan menjadi kasus yang seperti ini. Tapi (lagi-lagi) kita belum berasumsi apapun. Tapi satu kehilangan besar, kalau ini menjadi kasus karena beliau mengetahu banyak hal,” ucap Susi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com