Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng 3 Perusahaan Telekomunikasi, Bank Mandiri Luncurkan "Rekening Hape"

Kompas.com - 27/04/2015, 11:45 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggandeng tiga perusahaan telekomunikasi yaitu PT Telkomsel, PT Indosat Tbk dan PT XL Axiata Tbk, untuk memperkenalkan keuangan inklusif kepada masyarakat.

Salah satu caranya yaitu dengan meluncurkan produk rekening handphone (Rekening Hape), yaitu produk perbankan yang menggunakan nomor ponsel sebagai rekening bank.

Menurut Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunadi, produk Rekening Hape diluncurkan karena melihat fakta bahwa pertumbuhan kepemilikan handphone jauh lebih besar dari pertumbuhan nasabah perbankan.

"Menarik kalau kita simak, dalam perbankan di Indonesia ini, nasabahnya sekitar 60 juta. Sementara pemilik HP itu hampir sama dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 250 juta," ujar Heru Gunadi saat memberikan sambutan dalam peluncuran Rekening Hape di Jakarta, Senin (27/4/2015).

Sebenarnya, kata dia, soft launching produk Rekening Hape sudah dilakukan di tiga Kota/Kabupaten di Jawa Barat yaitu Bandung, Garut, dan Tasikmalaya. Sampai saat ini sudah ada 41 agen dan 1.500 pengguna Rekening Hape.

Sementara itu, perwakilan ketiga perusahaan telekomunikasi yaitu President Director & CEO Indosat Alexander Rusli, Direktur Planning & Transfornation Telkomsel Edward Ying, dan Chief Digital Service Officer XL Yessie D. Yosetya, menyatakan bahwa produk Rekening Hape merupakan bukti dukungan industri telekomunikasi bagi perkembangan keuangan inklusif.

Dengan luasnya jaringan telekomunikasi dibandingkan jaringan perbankan, maka diharapkan layanan keuangan inklusif bisa lebih menyentuh masyarakat yang masih kesulitan mengakses perbankan.

Dalam Rekening Hape semua transaksi perbankan bisa dilakukan hanya melalui handphone, misalnya kirim uang dan pembayaran tagihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com