Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Naik

Kompas.com - 28/04/2015, 07:07 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Senin (27/4/2015) waktu setempat (Selasa pagi WIB), karena aksi short covering(pembelian kembali emas yang telah dijual) para investor. 
 
Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni, melonjak 28,2 persen atau 2,40 persen menjadi menetap di 1.203,20 dollar AS per ounce.
 
Aksi short covering mendominasi pasar pada Senin karena kontrak emas untuk pengiriman Mei berakhir, sehingga mendorong harga emas naik.
 
Investor sedang menunggu bank sentral AS, Federal Reserve, mengisyaratkan waktu kenaikan suku bunga pada pertemuan kebijakan mereka yang dijadwalkan pada Rabu. 
 
Jika The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunganya pada Juni, itu akan memberikan tekanan pada emas, karena logam mulia tidak dikenakan bunga.
 
Emas juga mendapat dukungan karena indeks dollar AS, indikator dollar terhadap sekumpulan mata uang dunia utama, turun 0,36 persen menjadi 96,61 dalam perdagangan tengah hari. 
 
Emas dan dollar biasanya bergerak berlawanan arah, sehingga pelemahan mata uang AS akan membuat emas yang dihargakan dalam dollar lebih murah bagi investor.
 
Sementara itu, perak untuk pengiriman Mei naik 75,8 sen, atau 4,85 persen, menjadi ditutup pada 16,394 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli menambahkan 32 dollar AS, atau 2,85 persen, menjadi ditutup pada 1.153,40 dollar AS per ounce. (Ant/AFP)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com