Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguat, Rupiah Masih di Atas Level 13.100

Kompas.com - 21/05/2015, 09:28 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Kamis (21/5/2015). Naiknya indeks dollar AS kembali menghadang potensi kenaikan rupiah dalam jangka pendek namun dapat mengangkat rupiah dalam jangka menengah.

Pada awal perdagangan pagi ini, mata uang Garuda dibuka menguat ke posisi Rp 13.135 per dollar AS dibanding penutupan sebelumnya pada Rp 13.175.

Seperti yang diperkirakan, notulensi FOMC meeting menunjukkan the Fed yang lebih enggan untuk menaikkan suku bunga di bulan Juni. Tidak hanya itu, the Fed juga mengatakan bahwa kenaikan hanya akan terjadi secara terencana mengikuti panduan yang diberikan dari pertemuan ke pertemuan.  Namun indeks dollar AS justru menguat merespon komentar tersebut sementara imbal hasil US Treasury 10 tahun turun.

Ditunggu angka manufaktur China pagi ini yang diperkirakan membaik. Angka manufaktur AS ditunggu Kamis malam ini diperkirakan juga membaik.  

Rupiah tertekan hingga Rabu sore kemarin bersamaan dengan penguatan dollar AS di seantero pasar Asia. Investor terlihat khawatir dengan rilis notulensi FOMC meeting dini hari tadi.

Menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, pernyataan the Fed yang ternyata semakin enggan menaikkan suku bunga di Juni berpeluang menjaga tren pelemahan dollar AS khususnya di negara berkembang ke depannya. Rupiah berpeluang menguat hari ini terutama jika data China baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com