Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sangkaan Patgulipat Duit Bola Berimbas ke Saham Nike

Kompas.com - 28/05/2015, 10:19 WIB


KOMPAS.com - Saham perusahaan perlengkapan olahraga Nike di Bursa Efek New York turun 0,6 persen menjadi 102,84 dollar AS per lembarnya pada Rabu (28/5/2015). Pemicunya, sangkaan bahwa perusahaan itu ikut ambil bagian dalam patgulipat alias penyuapan berbuntut korupsi di FIFA. Sepanjang tahun ini, tulis laman Bloomberg, saham naik sempat naik hingga 7 persen.

Catatan menunjukkan Nike menjadi salah satu sponsor utama pada Piala Dunia 2014. Pada 1994, penjualan Nike menyentuh angka 40 juta dollar AS. Lebih dari dua dekade, pencapaian itu menjadi tantangan bagi Nike terhadap Adidas AG. Sepanjang tahun fiskal 2014, Adidas AG meraih pendapatan 2,27 miliar dollar AS.

Sementara itu, Nike memang sudah meneken kontrak kemitraan dengan Federasi Sepak Bola Brasil sejak 1996. Sangkaan menunjukkan adanya dugaan Nike terlibat dalam isu suap untuk memenangi posisi menjadi sponsor pada Piala Dunia 2014 tersebut.

"Nike percaya pada semangat etis dan fair play baik di bidang olahraga maupun bisnis. Kami bersama otoritas AS memerangi manipulasi dan penyuapan,"begitu pernyataan resmi Nike yang bermarkas di Oregon, AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com