Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perhubungan Resmikan Dermaga Batu Bara Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 10/06/2015, 11:30 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan meresmikan terminal batu bara berkapasitas standar 25 juta ton per tahun milik PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang berada di Provinsi Lampung.

Terminal batu bara yang diresmikan itu merupakan proyek integrasi antara PTBA dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang dimulai pada tahun 2009 lalu.

Dalam sambutannya, Jonan mengapresiasi pembangunan terminal tersebut karena ini merupakan terminal untuk sendiri terbesar di Indonesia yang mampu menerima kapal berkapasitas 210.000 DWT atau kapal plus muatannya.

"Ini baru pertama kalinya di Indonesia terbangunnya terminal bermuatan besar, Tanjung Priok saja belum ada," kata Ignasius Jonan pada Rabu (10/6/2015).

Sebelumnya, PTBA Unit Pelabuhan Tarahan Bandarlampung memiliki dua dermaga berkapasitas 80 ribu ton dan dermaga tongkang dengan kapasitas 100 DWT. Selain melayani kebutuhan batu bara domestik, PT BA juga melakukan ekspor ke negara Jepang, Malaysia, Taiwan, Pilipina, korea dan Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com