Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djarot Minta Bulog Diberikan Kewenangan Tentukan Harga

Kompas.com - 10/06/2015, 17:36 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, Bulog berharap agar harga pembelian pemerintah (HPP) tidak terpaut terlalu lebar dengan harga gabah dan beras yang riil di pasar.

"Bulog ingin diberi kewenangan atau persepsi untuk menentukan harga dasar," kata Djarot, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IV DPR RI, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Djarot yang baru dua hari lalu menggantikan Lenny Sugihat, siang ini melangsungkan RDP dengan Komisi IV terkait Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2016.

Djarot dalam kesempatan tersebut membawa serta jajaran direksi diantaranya Iriyanto Hutagaol, Wahyu Suparyono, dan Herman Hidayat.

Djarot mengakui penyerapan Bulog dalam 10 tahun terakhir hanya mampu di kisaran 5,75 persen dari total produksi padi. Bahkan penyerapan hingga Juni 2015 ini baru mencapai 2,59 persen.

"Asumsi ceteris paribus, maka setahun ini penyerapan hanya 5,1 persen dari total produksi yang ada. Ini menjadi tanggungjawab direksi baru, untuk meningkatkan daya serap Bulog," ucap mantan Direktur BRI itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com