Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dua Janji Pemerintah soal Pangan

Kompas.com - 15/06/2015, 10:33 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemerintah menjanjikan dua target utama dalam setiap pembangunan infrastruktur pasar, yakni menjaga ketersediaan stok pangan dan stabilitas harga bahan kebutuhan pokok.

“Pemerintah terus berupaya agar stabilitas harga barang kebutuhan pokok masyarakat tetap stabil dan ketersediaan stok terjamin,” kata Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, Minggu (14/6/2015).

Sementara itu, menjelang pelaksanaan puasa dan Lebaran, Rachmat menegaskan bahwa kondisi bahan kebutuhan utama masyarakat dalam keadaan aman dan stabil, sehingga masyarakat dapat melaksanakan ibadah puasa tanpa rasa khawatir.

Lebih lanjut, Rachmat mengatakan Kemendag juga akan terus memantau perkembangan program revitalisasi pasar, termasuk Pasar 10 Ulu di Palembang yang baru diresmikan .

Namun, keberhasilan pelaksanaan program revitalisasi pasar ini tentunya dibutuhkan kerjasama yang sinergis dari seluruh pemangku kepentingan, baik Pemerintah Pusat dan Daerah, maupun para pengelola pasar, pedagang, dan konsumen.

Dari hasil evaluasi terhadap kinerja 32 pasar percontohan yang di revitalisasi, telah menunjukkan kenaikan omzet yang cukup signifikan, yaitu rata-rata 70 persen per tahun.

Kenaikan omzet transaksi tersebut menunjukkan bahwa program revitalisasi sangat bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan para pedagang di pasar rakyat yang mayoritas merupakan pedagang mikro, kecil, dan menengah.

“Melalui revitalisasi ini, diharapkan Pasar 10 Ulu ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan usaha para pedagang dapat terus berkembang guna meningkatkan kesejahteran masyarakat Palembang," ujar Rachmat. (Handoyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com