Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bandara di Bawah AP II Merugi

Kompas.com - 16/06/2015, 05:05 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Enam bandara di Indonesia wilayah barat yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura II (Persero) disebut merugi dan terancam diambil alih oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kerugian tersebut disebabkan kinerja yang semakin memburuk dari hari ke hari.

"Bandara yang rugi ada di Aceh (Bandara Sultan Iskandar Muda), Padang (Bandara Minangkabau), Jambi (Bandara Sultan Thaha Syaifuddin), Pangkal Pinang (Bandara Depati Amir), Tanjung Pinang (Bandara Raja Haji Fisabilillah), dan Silangit (Bandara Silangit, Tapanuli Utara)," kata Manajer Humas PT Angkasa Pura II Achmad Syahir, Senin (15/6/2015).

Berdasarkan perkembangan terakhir, ada lima bandara yang masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki kinerjanya. Sedangkan satu bandara kemungkinan besar akan diambil alih oleh Kemenhub karena kerugian yang cukup besar.

"Khusus untuk Silangit, belum menunjukkan perbaikan dalam pengelolaan kondisi keuangannya. Kita dari AP II sepenuhnya akan mengikuti kebijakan pemerintah selaku pemegang saham," tambah Syahir.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pernah mengungkapkan kinerja operator bandara Angkasa Pura tidak maksimal sehingga mengalami banyak kerugian. Jonan tidak merinci bandara mana saja yang rugi saat itu.

"Sinilah (bandara) yang rugi-rugi kasih saya aja daripada membebani BUMN," ujar Jonan usai rapat dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com