Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Keberlanjutan Industri Minyak Kelapa Sawit

Kompas.com - 17/06/2015, 18:20 WIB


KOMPAS.com - Keberlanjutan atau sustainability industri minyak kelapa sawit menjadi penting seturut tiga perjanjian pokok universal yakni Sustainable Palm Oil Manifesto, The New York Declaration on Forests at the United Nations Climate Summit, dan Indonesia Palm Oil Pledge. Selain itu, seturut catatan kerja sama tiga pihak yakni The Forest Trust (TFT), Asian Agri, dan Apical, pada Rabu (17/6/2015),  keberlanjutan tersebut mampu meningkatkan sistem lacak balik (traceability) secara menyeluruh dalam rantai pasokan minyak sawit pada 2016 mendatang.

Asian Agri dan Apical sudah menyatakan komitmen masing-masing dalam melindungi area High Conservation Value (HCV) dan High Carbon Stock (HCS) serta lahan gambut. Keduanya juga ingin meningkatkan dampak sosial-ekonomi yang positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, seperti yang dituangkan dalam kebijakan keberlanjutan kedua perusahaan.  

Setelah menandatangani Sustainability Pledges pada 2014, Asian Agri dan Apical telah memulai rencana pelaksanaan dengan memetakan rantai pasokan mereka. Hal ini melibatkan para pemasok.

Kemudian, jika diperlukan, akan dilakukan penilaian di lapangan dan diskusi langsung dengan pemasok pabrik dan perkebunan untuk membantu pencapaian kedua perusahaan sesuai dengan kebijakan keberlanjutan keduanya. Bentuk kerja sama dan keanggotaan TFT ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan proses tersebut.

Lalu, kerja sama ini pun merupakan langkah perjalanan keberlanjutan kedua perusahaan. TFT berperan dalam pelatihan terhadap tim Asian Agri dan Apical untuk keterampilan, memastikan aturan-aturan yang harus dipatuhi dalam rantai pasokan, dan membantu menangani keluhan. Peluncuran pertemuan berlangsung di Medan, pada  9 Mei 2015.

Baik Presiden Direktur Apical Grup Dato Yeo How maupun Managing Director Asian Agri Kelvin Tio memandang baik kerja sama ketiga pihak ini. Keanggotaan Asian Agri-Apical dan kerja sama dengan TFT menjadi tonggak perjalanan keberlanjutan pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com