Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Respons BI Rate, Rupiah Pagi Naik Tipis

Kompas.com - 18/06/2015, 09:17 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diproyeksikan kembali bergerak variatif dengan potensi bertahan dari pelemahan, Kamis (18/6/2015). Pasar merespons hasil FOMC Meeting The Fed sambil menantikan besaran BI Rate yang akan diumumkan hari ini.

Pada awal perdagangan di pasar spot, seperti ditunjukkan data Bloomberg, mata uang Garuda dibuka menguat tipis ke posisi Rp 13.343 per dollar AS, dibanding penutupan kemarin pada 13.348.

Seperti diperkirakan, The Fed memutuskan untuk tidak menaikkan suku bunganya walaupun kenaikan pada tahun ini masih sangat mungkin. Keputusan tersebut, yang juga pemangkasan dengan pemangkasan proyeksi PDB AS, mendorong pelemahan indeks dollar AS serta penurunan imbal hasil US Treasury.

Sementara itu, imbal hasil Bund Jerman justru naik merespons angka inflasi Zona Euro yang baik. Dollar AS diperkirakan tetap lemah di perdagangan Asia hari ini. Ditunggu angka inflasi serta jobless claims AS malam nanti.  

Rupiah stabil di saat IHSG dan SUN menguat cukup signifikan. Dollar AS juga melemah di pasar Asia hingga penutupan Rabu sore. Hari ini pelemahan dollar diperkirakan berlanjut sehingga berpeluang juga membantu penguatan rupiah dan aset berdenominasi rupiah lainnya. Pengumuman BI Rate ditunggu sore nanti.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia melihat peluang dipangkasnya BI Rate. Akan tetapi, saat ini dengan inflasi yang masih jauh di atas target BI dan rupiah yang di atas Rp 13.000 per dollar AS, BI sepertinya akan mempertahankan BI Rate di level 7,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com