Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, ketika Cabai Merah Berharga Mahal

Kompas.com - 18/06/2015, 19:22 WIB


KOMPAS.com - Entah seperti menjadi kelaziman, Ramadhan alias bulan puasa, seakan menjadi penanda waktu mahalnya harga cabai merah. Hari ini, Kamis (18/6/2015), laman Bloomberg.com menurunkan catatannya ihwal harga tersebut.

Daftar harga yang dihimpun menunjukkan harga cabai merah pada 22 Mei 2015 menyentuh angka Rp 26.500 per kilogram. Kemudian pada 12 Juni 2015, harga cabai mencapai angka Rp 32.500 per kilogram.

Sementara, suara-suara di media sosial (medsos) lebih riuh lagi. Soalnya, di pasar-pasar tradisional Jakarta, harga cabai merah sudah menyentuh angka Rp 40.000 per kilogram.

Lantaran alasan itulah, sebagaimana disampaikan CEO dan Co-Founder laman Bukalapak.com Achmad Zaky, laman jual beli tersebut membuka program Rahmat atau murah dan hemat sepanjang Ramadhan tahun ini. "Meroketnya harga-harga kebutuhan pokok sangat menjadi perhatian kami," katanya.  

Bukalapak.com menyediakan lebih dari 100 komoditas kebutuhan pokok mulai dari cabai merah, cabai rawit, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan buah-buahan hingga beras, minyak goreng, gula pasir, daging sapi segar, dan daging ayam segar.

Kebutuhan pokok yang dijual di Bukalapak.com memiliki harga yang lebih murah daripada tempat lainnya. Cabai merah keriting dijual dengan harga mulai dari Rp 25.500,- per kilogram (kg), cabai rawit merah mulai dari Rp 21.800 per kg, cabai merah besar mulai dari Rp 33.900 per kg, cabai hijau besar mulai dari Rp 18.500 per kg, bawang putih mulai dari Rp. 25.000 per kg, dan bawang merah mulai dari Rp. 26.300 per kg.

Program Rahmat ini pun tanpa dibebankan biaya pengiriman dan tanpa minimum nominal pembelian. Sehingga, konsumen hanya membayar nilai barang yang dibeli.

Program Rahmat juga memberikan kemudahan dalam berbelanja bagi konsumen. Pembeli yang bekerja di kantor tinggal melakukan transaksi pembelian secara daring. Kemudian, barang yang dibeli akan langsung diantar ke alamat kantor atau rumah mereka.

Untuk menghadirkan program Rahmat ini, Bukalapak.com menggandeng Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) sebagai penyedia sayur-sayuran dan buah-buahan berkualitas tinggi dengan harga lebih murah. Sedangkan, penyedia beras, minyak goreng, gula pasir, daging sapi segar, daging ayam segar, saat ini sudah cukup banyak pelapak (penjual) tepercaya di Bukalapak.com.

Hartono Wp, Direktur Utama Paskomnas Indonesia menyambut baik kerja sama antara Paskomnas Indonesia dengan Bukalapak.com. “Paskomnas Indonesia adalah grup perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan jaringan pasar induk, memunyai visi untuk menciptakan distribusi pendapatan yang adil bagi semua pelaku, mulai dari produsen sampai harga yang wajar di tingkat konsumen. Sehingga kami bisa menyediakan sayur-sayuran dan buah-buahan dengan kualitas tinggi dan harga murah,” kata Hartono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com