Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Pemerintah Kurangi Subsidi ke PLN

Kompas.com - 22/06/2015, 19:32 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Subsidi yang diberikan pemerintah ke PT PLN (Persero) untuk menyubsidi harga listrik pelanggannya akan dikurangi, tahun depan, seiring dengan rencana pemerintah mengubah mekanisme subsidi untuk golongan rumah tangga 450 VoltAmpere (VA) dan 900 VA. “Pasti (subsidinya) berkurang. Berkurangnya ke PLN-nya, tapi bertambah di subsidi ke rumah tangganya,” kata Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, ditemui usai rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Tahun depan, Bambang mengatakan, subsidi listrik diutamakan langsung diberikan kepada rumah tangga konsumen. Bambang memastikan, konsumen rumah tangga dengan daya 450VA dan 900VA tidak akan terganggu dalam mendapatkan listriknya. “Sekarang dipastikan masyarakat bisa bayar, sehingga listrknya enggak putus. Saya belum tahu depositnya berapa, tergantung nanti hitungan teknisnya. Tapi, yang penting kita jamin mereka tidak terganggu daya belinya untuk konsumsi listrik,” kata Bambang.

Sebagai informasi, program subsidi listrik dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2015 disepakati sebesar Rp73,1 triliun. (baca: UU APBN Perubahan Tahun Anggaran 2015 Disepakati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com