Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Gandeng PT KAI, Layanan Penukaran Uang Kecil Juga Hadir di Stasiun

Kompas.com - 26/06/2015, 03:12 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Guna melayani masyarakat yang ingin menukar uang pecahan kecil, Bank Indonesia tak hanya mengandalkan kantor cabang bank atau Layanan Kas Keliling untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang kecil itu. BI juga menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menyediakan layanan penukaran UPK di stasiun.

"Layanan penukaran UPK bekerja dana dengan PT KAI pada 5 stasiun yaitu Pasar Senen, Cikini, Gambir, Tanah Abang, dan Jatinegara," ujar Deputi Departemen Pengeloaan Uang BI Yudhi Harymukti di Kantor BI, Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Dia melanjutkan, layanan penukaran UPK di lima stasiun itu akan diberikan Rp 455 juta. Diharapkan dengan layanan penukaran di stasiun itu, masyarakat memiliki alternatif tambahan tempat penukaran UPK, selain di kantor cabang bank dan layanan kas keliling dengan menggunakan mobil.

Selain ketiga layanan itu, BI juga akan memberikan layanan penukaran UPK kolektif secara bergiliran bagi instansi pemerintah dan lembaga negara serta instansi-instansi yang memberikan layanan publik.

Kegiatan penukaran UPK di wilayah Jabidetabek dilakukan bekerjasama dengan 11 bank pada 81 titik lokasi kantor cabang yaitu BCA 4 lokasi, BII 10 lokasi, BJB 9 lokasi, BNI 7 lokasi, BRI 7 lokasi, BTN 10 lokasi, CIMB Niaga 10 lokasi, DKI 5 lokasi, Bank Mandiri 6 lokasi, Bank Panin 5 lokasi, dan Bank Permata 8 lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com