Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Ini Seluruh "Rest Area" di Tol Cipali Beroperasi

Kompas.com - 30/06/2015, 14:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Guna mengantisipasi kelelahan yang mungkin bakal dialami para pemudik, pemerintah mempercepat pengoperasian area istirahat (rest area) di tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono memastikan, pekan ini kedelapan rest area di tol Cipali sudah bisa beroperasi. Namun, tidak seluruh fasilitas dalam rest area tersebut bisa digunakan.

“Minggu ini akan beroperasi ke-delapan rest area tersebut, tapi mungkin restorannya belum ada. Tapi yang jelas musholla, toilet, dan SPBU akan beroperasi semuanya di delapan rest area,” kata Basuki, Jakarta, Senin (30/6/2015).

Menurut Basuki, Kementerian PU-Pera melalui Direktorat Jenderal Binamarga telah mendapat komitmen dari operator jalan tol Cipali bahwa ke-delapan rest area tersebut siap dioperasikan pekan ini. “Kamis nanti, Komisi V DPR-RI mau ninkau sana, kita mau lihat,” sambung Basuki.

Tol dengan panjang mencapai 116,7 kilometer tersebut memiliki total 8 rest area dengan pembagian 4 rest area tipe A, atau yang berukuran besar dan terdapat stasiun pompa bensin, serta 4 rest area tipe B, atau berukuran kecil tanpa stasiun pompa bensin.

Empat rest area dari arah Cikopo-Palimanan tersebar di KM 86 600 (tipe B), KM 102 300 (tipe A), KM 130 700 (tipe B), dan KM 164 700 (tipe A). Sedangkan dari arah sebaliknya, empat rest area tersebar di KM 166 700 (tipe A), KM 130 700 (tipe B), KM 102 800 (tipe A), serta KM 86 600 (tipe B).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com