Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Perekonomian yang Lesu, Pemerintah Berkomitmen Tarik Investasi Asing

Kompas.com - 09/07/2015, 17:08 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah mendorong perekonomian Indonesia yang lesu dengan menarik dana investasi dari berbagai negara.

Pesiden Joko Widodo mengungkapkan dana yang akan ditarik itu untuk mendongkrak pembangunan infrastruktur di Indonesia. “Dana itu bukan utang konsumtif, bukan utang untuk subsidi BBM, ini yang harus dibedakan masyarakat,” ujar Presdien alam acara ISEI di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Jokowi yakin dengan masuknya dana itu, ekonomi Indonesia pada 2015 ini akan terdorong 0,1 sampai 0,5 persen. Bahkan Presiden optimistis stimulis yang terus dilakukan pemrintah akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih besar pada 2016 yaitu 0,5 sampai 1 persen. Menurut Presiden, buruknya infarstruktur menjadi saah satu hambatan utama perekonomian nasional.

Oleh karena itu, kata dia, perbaikan infrastruktur sangat penting untuk mengurangi biaya logistic yang saat ini masih sangat tinggi.

"Kita akan bangun 24 pelabuhan di Tanah Air. Lalu ada lagi pembangunan Tol Sumtera sepanjang 2.600 kilometer. Lalu untuk medukung kemandirian pangan , saat ini kita sedang bangun 13 bendungan besar untuk pengairan sawah, “ kata dia,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com