Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketum KADIN Minta Pengusaha Tak Naikkan Harga dan Tak Lakukan PHK

Kompas.com - 10/07/2015, 20:04 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Suryo Bambang Sulisto meminta kalangan dunia usaha untuk tidak reaktif dalam menghadapi perekonomian yang kini melambat. Dia berharap agar dunia usaha tidak langsung menaikkan harga atau pun memecat karyawan.

"Saya imbau dan ajak teman-teman untuk t meningkatkan upaya dan investasi, hindari langkah-langkah sesaat seperti naikkah harga tinggi atau pun melakukan PHK," kata Suryo dalam acara buka bersama Presiden Joko Widodo di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (10/7/2015).

Suryo mengungkapkan, dunia usaha Indonesia memiliki kewajiban moral untuk menciptakan masyarakat yang damai dan sejahtera. Tantangan ekonomi di dalam mau pun luar negeri, lanjut dia, tidak bisa dipisahkan dengan dunia usaha. Namun, di tengah kesulitan itu, Suryo menganggap pemerintah cukup tanggap dalam mengambil langkah korektif dan preventif.

"Maka dari itu, kami yakinkan pemerintah bahwa dunia usaha siap bantu pemerintah bekerja sama atasi permasalahan ekonomi yang sedang melanda," kata Suryo.

"Saya ingin imbau dunia usaha untuk mengoptimalkan upaya-upaya agar kita bisa lewati badai yang dihadapi menuju pada kondisi kembali sehat dan bisa tegar kembali," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berbicara dengan para pelaku usaha. Dia menjelaskan alasan perekonomian Indonesia yang kini tengah lesu. Menurut dia, perekonomian Indonesia tengah memasuki siklus baru. Siklus baru yang dimaksud Jokowi adalah soal pertumbuhan ekonomi yang berbasis konsumsi dialihkan ke hal produktif dan investasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com