Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang THR Tingkatkan Pelunasan di Pegadaian

Kompas.com - 11/07/2015, 16:16 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


UNGARAN, KOMPAS.com - Lima hari menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah, transaksi pelunasan di kantor Pegadaian Cabang Ungaran, Kabupaten Semarang mengalami peningkatan. Tren pelunasan ini diprediksi bisa mencapai 30 persen dari total out standing loan (OSL) atau jumlah uang pinjaman yang beredar pada nasabah Pegadaian. "Biasanya banyak nasabah yang menerima THR, sehingga mereka melunasi gadainya,” kata Kepala Pegadaian Cabang Ungaran, Akrom di ruang kerjanya, Sabtu (11/7/2015).

Di kantor Pegadaian Cabang Ungaran, jelasnya,  H-7 Lebaran merupakan periode transaksi pelunasan. Kondisi ini akan berlangsung hingga menjalang Idul Fitri nanti. Hingga pekan ketiga Ramadhan ini, pihaknya mencatat kenaikan transaksi pegadaian melonjak hingga 20 persen. Sedangkan jenis barang yang digadaikan paling mendominasi adalah perhiasan mencapai 80 persen dari obyek gadai. "Sisanya, sebesar 20 persen terdiri atas kendaraan bermotor, barang elektronik dan jenis barang lain,” katanya.

Seperti halnya menjelang Lebaran tahun lalu, peningkatan transaksi pelunasan ini bisa mencapai 30 persen dari total OSL. Setelah aktivitas Lebaran, transaksi pegadaian di kantor cabangnya yang berjumlah delapan unit biasanya akan mengalami kenaikan kembali. "Kecenderungannya, setelah berlebaran,  biasanya, kebutuhan finansial masyarakat kembali meningkat lagi, untuk berbagai keperluan,” demikian Akrom.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com