Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditutup karena Erupsi Gunung Raung, Bandara Juanda Siapkan "Crisis Center"

Kompas.com - 16/07/2015, 15:38 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com
- PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya, Jawa Timur, menyiapkan "crisis centre" di lingkungan bandara sebagai dampak penutupan bandara Juanda akibat erupsi Gunung Raung (3.332 mdpl).

General Manager PT Angkasa Pura I Juanda Yanus S mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan "crisis centre" untuk membantu penumpang terkait dengan adanya penutupan bandara ini. (baca: Bandara di Malang dan Madura Juga Akan Ditutup karena Gunung Raung)

"Kami menyiapkan 'crisis centre' yang berada di lingkungan bandara terkait dengan penutupan bandara yang dimulai sejak pukul 13.30 WIB sampai dengan pukul 19.20 WIB, sesuai dengan "Notice To Airmen" (Notam) yang kami terima," ujar Yanus, Kamis (16/7/2015), seperti dikutip Antara.

Ia mengemukakan, di dalam "crisis centre" tersebut terdiri dari seluruh pemangku kepentingan yang ada di lingkungan Bandara Juanda di antaranya BMKG, Otoritas Bandara, Kepolisian dan juga pihak maskapai.

"Kami juga meyakinkan kepada penumpang terkait dengan penutupan bandara tersebut. Namun, di antara penumpang tersebut masih tidak percaya karena melihat kondisi bandara yang tidak ada masalah," ucapnya.

Ia mengatakan, saat ini dilakukan koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan terkait pembatalan atau penundaan penerbangan.

"Sampai dengan saat ini terdapat sekitar 140 penerbangan yang sudah dinyatakan batal dan juga penundaan penerbangan berangkat seperti dari grup Lion, grup Garuda, Sriwijaya dan juga masih menunggu dari maskapai yang lainnya," paparnya.

Sebelumnya, Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur, terpaksa harus dilakukan penutupan akibat erupsi Gunung Raung. Sedikitnya 140 penerbangan harus dibatalkan akibat adanya peristiwa alam ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com