Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Sebut Nama Bank Asing yang Enggak Ada di Indonesia?

Kompas.com - 10/08/2015, 19:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com -- Bank Indonesia (BI) mengakui izin pembukaan kantor cabang bank asing di Indonesia sangat terbuka. Saking terbukanya, akan sulit menyebut nama bank asing yang tidak ada di Indonesia. "Sebut nama bank asing yang enggak ada di Indonesia? Hampir semua ada disini (Indonesia)," ujar Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara di Balikpapan, Senin (11/8/2015).

Perkembangan kantor cabang bank asing di Indonesia memang sudah menjamur. Bank asal Malaysia, Singapura, Korea, Tiongkok, hingga India juga sudah memiliki kantor cabang di Indonesia. Bahkan kata Mirza, Bank ICBC yang nota bene asal Tiongkok sudah memiliki kantor cabang di Balikpapan. "Kemarin saya catat ICBC sudah ada di sini (Balikpapan). Itu salah satu bank terbesar di dunia karena bank Tiongkok punya aset yang besar. ICBC menjadi salah satu bank yang terbesar di Tiongkok jadi bisa dibilang menjadi salah salah satu yang terbesar di dunia juga, karena Tiongkok kan negara kedua terbesar di dunia kan ekonominya. Itu sudah ada di Balikpapan," kata Mirza.

Sayangnya lanjut dia, keterbukaan pembukaan kantor cabang di Indonesia itu belum diikuti oleh negara-negara ASEAN lain misalnya Malaysia dan Singapura. Perbankan asal Indonesia masih kesulitan membuka kantor cabang di negara jiran tersebut. "Ini memang yang kita perjuangkan sehingga negara-negara ASEAN bisa membuka pintunya kepada bank yang sesama di ASEAN. Malaysia sudah setuju untuk membuka pintu masuknya bank asal Indonesia. Tapi bagaimana persyaratan rincinya belum. Di Singapura bisa dikatakan susah, menang BNI sudah ada disana tapi untuk buka ATM saja susah.  Ini harus diperjuangkan oleh BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Kementerian Luar Negeri," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com