Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Rusun Model Hunian Ideal Masa Depan

Kompas.com - 21/08/2015, 12:57 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro menjelaskan dipilihnya Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, di Jakarta Utara sebagai tempat digelarnya kegiatan bazar murah dari Kementerian Keuangan, bukan tanpa alasan.

“Kenapa di Rusunawa, karena jelas, (Rusun) ini adalah model hunian kota yang ideal di masa depan. Artinya, kita harus pelan-pelan berubah dari landed house menjadi metode tinggal di Rusun,” kata Bambang, Jumat (21/8/2015).

Bambang lebih lanjut mengatakan, selain menggelar pasar murah dan pelayanan kesehatan gratis, Kemenkeu melalui enam BUMN dan lembaga di bawahnya juga memberikan bantuan alat ibadah dan olahraga. Hal tersebut dilakukan lantaran Rusunawa Marunda memiliki fasilitas dasar yang cukup seperti layanan kesehatan, pendidikan, tempat ibadah, dan olahraga.

“Intinya kita ingin warga yang tinggal di Rusunawa ini merasa betah. Dan saya harap, kalau mereka betah, mereka akan cerita ke saudara-saudaranya yang masih tinggal di bantaran kali atau perkampungan kumuh, atau tanah tak bertuan untuk segera beramai-ramai pindah ke Rusun,” kata Bambang lagi.

Pagi ini sebanyak enam BUMN dan lembaga di bawah Kemenkeu menggelar bazar murah dan layanan kesehatan gratis di Rusunawa Marunda. Keenam BUMN dan lembaga tersebut yaitu, PT Sarana Multigriya Finansial, PT Sarana Multi Infrastuktur, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan, dan PT Geo Dipa Energi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com