Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Tak Mau Naikkan Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 27/08/2015, 13:38 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo memaparkan saat ini pihaknya tidak berani menaikkan suku bunga acuan (BI Rate), karena bisa berdampak kepada aset investor asing yang bisa ditarik keluar Indonesia.

Untuk itu dia meminta kepada seluruh pengusaha dan pelaku pasar modal menjaga iklim investasi dengan baik. Pasalnya saat ini ada uang dari investor asing sebesar Rp 540 triliun yang berada di dalam surat utang negara (SUN) dan pasar modal.

"Kita agak sulit menaikkan suku bunga, ini namanya ketidakpastian, tidak bisa ambil risiko," ujar Agus di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Agus memaparkan di tengah melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar AS, pemerintah akan memberikan kepastian investasi dalam negeri untuk investor asing.

Jika uang milik asing kabur, Agus yakin hal itu akan berdampak tak hanya pada nilai tukar rupiah, tapi juga makro ekonomi. "10 persen keluar saja akan memberi tekanan pada kita," papar Agus.

Saat ini pemerintah dan BI , kata Agus terus melakukan antisipasi perkembangan ekonomi global. Untuk dunia usaha, Agus mengimbau untuk tetap tenang tanpa takut akan bahaya ancaman krisis.

"Kita harus lihat dinamika tinggi yang perlu diwaspadai. Tapi komitmen nasional harus tetap tenang," kata Agus. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com