Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Pastikan Harga Daging Ayam Segera Turun

Kompas.com - 28/08/2015, 17:06 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga daging ayam ras yang masih tinggi dipastikan akan turun awal bulan depan. Hal tersebut dikarenakan pasokan daging ayam akan tercukupi setelah panen.

“Sudah ada yang panen awal bulan, meskipun belum semua,” kata Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis Kementerian Perdagangan, Robert James Bintaryo, Jumat (28/8/2015).

Harga daging ayam ras justru naik sejak lebaran usai. Di beberapa daerah yang menjadi sentra penghasil ayam ras ini, harga daging ayam tersebut menyentuh Rp 40.000 hingga Rp 45.000 per kilogram. Berdasarkan data Kemendag, harga rata-rata nasional daging ayam ras pada hari ini yaitu Rp 33.740 per kilogram.

Robert menjelaskan, anomali harga daging ayam ras setelah-lebaran tahun ini disebabkan para peternak tidak mau kembali rugi seperti pengalaman yang bertahun-tahun mereka alami. Harga daging ayam ras selalu anjlok setelah Lebaran. Akhirnya, para peternak menahan bibit ayam (DOC) untuk mengurangi pasokan.

Robert lebih jauh menjelaskan, bibit ayam baru didatangkan kembali oleh para peternak pada minggu ketiga Juli. Pembibitan ayam dilakukan selama 40 hari. “Jadi bulan depan diharapkan sudah panen di beberapa, tapi panen yang merata belum,” kata dia lagi.

Sementara itu mengenai harga daging ayam ras yang masih tinggi saat ini Robert menuturkan, harga di tingkat konsumen sekitar Rp 35.000 sampai Rp 37.000 per kilogram. Namun, dia memastikan setelah memasuki masa panen harganya akan turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com