Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM Sebut 50 Pulau Terdepan Sudah Dialiri Listrik

Kompas.com - 30/08/2015, 17:27 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyebutkan, pihaknya berhasil mengaliri listrik di 50 pulau terdepan Indonesia.

"Setelah 70 tahun merdeka, 50 pulau terdepan itu kini sudah dialiri listrik. Itu dikerjakan oleh PLN semua," ujar Sudirman di acara diskusi di gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (30/8/2015).

Dia mengakui, pembangunan infrastruktur di pulau terluar bukan hal yang mudah. Namun, belum setahun pemerintah era Joko Widodo berjalan, kementeriannya dapat mewujudkan hal tersebut.

Kini, kementeriannya masih mengejar target presiden soal peningkatan kapasitas listrik sebesar 35.000 Mega Watt dalam waktu lima tahun. "Ingat, baru 87 persen wilayah Indonesia yang sudah dialiri listrik. Sementara sebanyak 2.500 desa belum dialiri listrik," ujar Sudirman.

"Ini bukan soal yakin atau tidak yakin. Tapi ini keharusan. Ini tantangan bagi kami. Sejak dua bulan kabinet terbentuk, saya sudah ditanya soal target ini. Saya bilang, target ini harus saya pegang erat-erat," lanjut Sudirman.

Untuk itu pihaknya hanya berharap kementerian lain juga membantu pencapaian target tersebut. Ia mengatakan, peningkatan kapasitas listrik itu tidak hanya kerja kementerian ESDM saja, tapi juga kementerian lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com