Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Melemah, Rupiah Dekati Level 14.100

Kompas.com - 01/09/2015, 09:20 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot kembali terpuruk hingga mendekati level 14.100.

Data Bloomberg pukul 09.00 WIB menunjukkan, rupiah berada di posisi Rp 14.085 per dollar AS, melemah dibandingkan penutupan kemarin pada 14.067.

Hari ini rupiah bakal kembali diuji kekuatannya. Turunnya indeks dollar AS berpeluang mendorong kenaikan rupiah meskipun data inflasi terbaru akan mengonfirmasi sentimen itu. Pasca-mengalami kenaikan, laju rupiah pada awal pekan berbalik melemah tipis. Kekhawatiran terhadap laju rupiah yang tidak mampu bertahan di zona positif kembali terjadi.

Padahal, menurut riset NH Korindo Securities Indonesia, laju dollar AS di pasar spot global sedang mengalami pelemahan terhadap laju yen. Antisipasi akan pelemahan data-data manufaktur global yang akan dirilis pada awal minggu ini yang merupakan awal September memberikan tekanan pada mayoritas mata uang sehingga pelaku pasar berbalik beralih pada mata uang yang dinilai safe-haven, yakni yen.

Dari dalam negeri, pelaku pasar bersikap menunggu rilis data inflasi yang akan dirilis sehingga membuat laju rupiah tertahan kenaikannya. "Semoga penguatan dapat kembali terjadi dan tidak dimanfaatkan untuk profit taking. Tetap waspadai berbagai sentimen. Laju rupiah berada di atas target resisten Rp 14.035 per dollar AS," katanya.

Hari ini mata uang garuda diproyeksikan berada di level Rp 14.036-14.019 per dollar AS (kurs tengah BI).

Baca juga: Soal Rekomendasi "Sell", Menkeu Tetap Akan Panggil JP Morgan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com