Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dialog dengan Buruh, Menaker Tak Bicarakan Angka Kenaikan Upah

Kompas.com - 01/09/2015, 18:55 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dialog antara perwakilan organisasi buruh dan kementerian terkait di Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan belum membahas soal angka kenaikan upah buruh.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan, kebijakan soal jumlah kenaikan upah perlu dibicarakan dalam forum yang lebih matang.

"Soal kenaikan upah ini, pemerintah perlu menggelar dialog untuk mencari formula terbaik. Yang pasti, upah harus naik tiap tahun," ujar Hanif saat ditemui seusai berdialog dengan para buruh di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015).

Menurut Hanif, pemerintah menjamin jumlah upah minimum bagi buruh akan mengalami kenaikan setiap tahun. Namun, dalam menentukan angka kenaikan tersebut, pemerintah perlu membuat perencanaan matang agar dapat diprediksi khususnya oleh para pelaku usaha.

Sementara itu, Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa pemerintah memahami keinginan buruh untuk mendapatkan upah lebih besar. Meski demikian, ia juga meminta agar para buruh memahami kondisi perekonomian nasional yang sedang melemah.

"Tadi kita belum bicara spesifik soal angka, kita paham kondisi ekonomi saat ini mengharuskan kita untuk tidak melakukan hal-hal secara drastis dalam waktu dekat," kata Luhut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com