Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Hadapan Bos IMF, Gubenur BI Banggakan Ekonomi Indonesia

Kompas.com - 02/09/2015, 16:46 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di depan bos IMF Christine Lagarde, Bank Indonesia (BI) mengatakan, tren pelemahan ekonomi global telah menyebabkan pertumbuhan perekonomian nasional ikut melambat. Namun, bank sentral Indonesia itu mengaku sudah menerapkan kebijakan yang ketat sejak 2013 lalu dan hasilnya positif.

"BI menerapkan kebijakan yang cenderung ketat sejak pertengahan 2013. Hasil positif sudah terlihat. (Buktinya) Meski ekonomi (dunia) melambat, pertumbuhan Indonesia masih 4,67 persen pada semester 1-2015," ujar Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo saat berbicara dalam seminar internasional di Gedung BI, Jakarta, Rabu (2/8/2015).

Lebih lanjut kata dia, dengan kebijakan yang dilakukan BI dan juga pemerintah yang berupaya menjaga keseimbangan neraca perdagangan dan menjaga inflasi, maka target inflasi 4 plus minus1 persen tahun 2015 akan tetap terjaga.

Selain itu, Agus juga menyebutkan pentingnya menjaga daya beli masyarakat di tengah pelemahan ekonomi global saat ini. Dengan menjaga konsumsi masyarakat, Agus yakin pertumbuhan ekonomi nasional bisa terus terjaga.

Meski begitu, Agus juga menekankan perlu adanya dorongan pembangunan infrastruktur yang besar. Pasalnya, dengan mendorong pembangunan infrastruktur maka koneksi antara pulau antar daerah di Indonesia akan semakin baik.

Dia pun menyebutkan berbagai proyek yang rencananya akan dibangun di Indonesia misalnya, membangun jalur rel sepanjang 5.000 kilometer, jalan tol 2.600 km, pembangunan 49 waduk, 24 pelabuhan, dan pembangkit listrik 35.000 Megawatt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com