Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Kembali Turun

Kompas.com - 09/09/2015, 08:40 WIB
CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir sedikit lebih rendah pada Selasa (8/9/2015) waktu setempat (Rabu pagi WIB), seiring dengan kenaikan saham-saham di bursa AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember kehilangan 0,40 dollar AS, atau 0,04 persen, menjadi 1.121,00 dollar AS per ounce.

Emas ditutup lebih rendah karena saham-saham AS diperdagangkan naik tajam pada Selasa, ketika Wall Street mencoba untuk berbalik naik atau rebound, setelah libur panjang akhir pekan.

Reli saham-saham Eropa juga memberikan tekanan tambahan terhadap harga emas. Pada Selasa, indeks pasar saham Prancis naik 1,07 persen, indeks FTSE 100, patokan untuk Bursa Efek London, bertambah 1,18 persen, sementara indeks acuan DAX 30 di Bursa Efek Frankfurt juga berakhir lebih tinggi.

"Para investor sedang menunggu pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve minggu depan untuk menilai arah emas berjangka," kata para analis.

Sementara perak untuk pengiriman Desember naik 20,6 sen, atau 1,42 persen,  ditutup pada 14,755 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober bertambah 10,50 dollar AS, atau 1,06 persen, menjadi 1.002,90 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com