Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Antisipasi Kenaikan "Fed Rate"

Kompas.com - 17/09/2015, 19:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menahan suku bunga acuannya (BI rate) di posisi 7,5 persen. Dalam hal ini suku bunga deposit facility dipatok di 5,50 persen dan lending facility pada level 8,00 persen.

Dalam penjelasan resminya, BI menyebutkan bahwa upaya menahan suku bunga acuan
merupakan bagian dari langkah bank sentral mengantisipasi kemungkinan kenaikan suku bunga kebijakan Bank Sentral AS.

"Sehubungan dengan itu, fokus kebijakan Bank Indonesia dalam jangka pendek tetap diarahkan pada langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, dengan terus memperkuat operasi moneter di pasar uang Rupiah dan valas, memperkuat pengelolaan penawaran dan permintaan valas,  serta melanjutkan langkah-langkah pendalaman pasar uang," tulis BI dalam penjelasan resminya, Kamis (17/9/2015).

BI menyatakan akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter untuk mendukung kesinambungan perekonomian. Bank sentral juga menilai positif paket kebijakan pemerintah yang diluncurkan pada tanggal 9 September 2015 silam.

"Ke depan, koordinasi dengan Pemerintah akan terus diperkuat untuk mendukung efektivitas dan konsistensi kebijakan struktural yang menjadi kunci  perbaikan prospek ekonomi Indonesia," tulis BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com