Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen Saudi Aramco Bangun Kilang di RI Sebatas Wacana

Kompas.com - 02/10/2015, 16:58 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana pemerintah Arab Saudi lewat perusahaan minyak dan gas buminya, Saudi Aramco, untuk membangun kilang minyak di Indonesia masih sebatas wacana. Hingga hari ini Saudi Aramco belum juga mengajukan izin prinsip ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Belum. Saudi Aramco, belum,” kata Kepala BKPM Franky Sibarani singkat, ditanya izin investasi Saudi Aramco, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Dalam lawatan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi, Aramco menyampaikan komitmennya untuk menanamkan investasi di Indonesia senilai 10 miliar dollar AS, setara Rp 134 triliun (kurs 13.400). Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja berharap apa yang disampaikan Aramco kali ini tidak sekadar komitmen.

“Semoga jalan sekarang,” kata Wiratmaja di kantornya, Jakarta, Senin (14/9/2015). Wiratmaja menuturkan, minat Aramco untuk berinvestasi kilang di Indonesia bukan kali ini saja. “Dulu hampir jadi. Tapi ada beberapa insentif yang tidak ketemu,” ucap Wiratmaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com