Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin: Akhirnya Pemerintah Merespons Dunia Usaha...

Kompas.com - 08/10/2015, 15:10 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin yakin sektor industri nasional kembali memiliki daya saing yang kuat usai pemerintah mengumumkan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid III. Salah satu poinnya yaitu karena penurunan harga solar Rp 200 per liter.

"Akhirnya pemerintah merespons dunia usaha dengan menurunkan biaya energi (solar). Dengan sudah turun ini saya kira dunia industri tanah air bisa punya daya saing yang kuat," ujar Saleh saat ditemui di Kantor Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Jakarta, Kamis (9/10/2015).

Selama ini kata dia, salah satu penyebab lemahnya daya saing industri nasional adalah tingginya biaya produksi. Faktor yang mempengaruhi tingginya biaya produksi itu yakni beban biaya energi. Oleh karena itu ucap dia, penurunan solar Rp 200 per liter itu akan berdampak positif kepada dunia usaha.

Biaya produksi akan berkurang setelah kebijakan pemerintah itu. Selain itu, pemerintah ucap dia juga akan terus berkoordinasi dengan dunia usaha untuk mencarikan solusi di tengah kondisi perekonomian yang melemah saat ini. Salah satu yang akan terus diupayakan yaitu mempermudah izin usaha dan lahan.

"Sejak awal seluruh perizinan diserahkan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Sebagai percontohan membuat dunia usaha lebih mudah melalui Sistem Pelayanan Satu Pintu (PTSP) di BKPM," kata dia.

Sebelumya, pemerintah mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar sebesar Rp 200 per liter menjadi Rp 6.700 per liter dari sebelumnya Rp 6.900 per liter. Di sisi lain, harga BBM jenis premium tetap seperti saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com