Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Rupiah Menguat, BI Hati-Hati Turunkan Suku Bunga

Kompas.com - 09/10/2015, 17:22 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memilih untuk tetap berhati-hati melakukan penurunan tingkat suku bunga acuan (BI rate) meski nilai tukar rupiah sudah menunjukan peningkatkan signifikan. Faktor belum pastinya kenaikan suku bunga Bank Sentral AS, The Fed, masih menjadi pertimbangan utama BI. "Pada intinya kami menjaga prudent monetary policy," ujar Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Menurut Mirza, langkah itu penting dilakukan meskipun kemungkinan suku bunga The Fed tak akan naik tahun ini. Bahkan kata dia, suku bunga Bank Sentral AS itu tak naik di kuartal I-2016 nanti. "Tetapi tetap kita lebih baik prudent dengan jaga stabilitas perumbuhan ekonomi akan terjadi," katanya.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS hari ini kembali melonjak, Di pasar spot, tadi siang rupiah sempat berada di bawah 13.300 dengan menyentuh 13.281. Mata uang garuda berakhir di posisi Rp 13.412 per dollar AS, menguat 3,43 persen dibanding penutupan sebelumnya pada 13.887. Adapun kurs tengah BI hari ini juga terkerek ke posisi Rp 13.521 per dollar AS, naik 2,09 persen dari kemarin pada 13.809.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com