Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Banjar Bersiap Jadi Tuan Rumah Pameran Potensi Desa

Kompas.com - 17/10/2015, 19:50 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Banjar mendapat giliran untuk menjadi tuan rumah Pameran Potensi Desa (PPD) 2015 pada November mendatang. Adalah salah satu petugas yang menjaga gerai Provinsi Kalimantan Selatan, Zainatun Nisya, yang mengatakan hal tersebut pada Kamis (15/10/2015) lalu. Kebetulan, sejak hari tersebut sampai dengan Minggu  (18/10/2015), Kalimantan Selatan menjadi satu dari 50 peserta PPD yang diselenggarakan di Stadion Sepak Bola Badak Putih, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Catatan menunjukkan PPD adalah salah satu program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi (Kementerian Desa). Menurut Menteri Desa Marwan Jafar dalam berbagai kesempatan, PPD tahun ini digelar di enam kabupaten. Sampai dengan Oktober 2015, sudah empat dari enam kabupaten yang menjadi penyelenggara yakni Kabupaten Bondowoso (Jawa Timur), Kabupaten Banyuasin (Sumatera Selatan), Kabupaten Maros (Sulawesi Selatan), dan Kabupaten Cianjur (Jawa Barat).

Kemendesa mencatat, dua kabupaten lagi untuk melengkapi target enam tuan rumah adalah Kabupaten Demak (Jawa Tengah) dan Kabupaten Banjar (Sumatera Selatan). Andai tidak ada perubahan jadwal, PPD di Kabupaten Banjar digelar pada 18 November 2015. "Mungkin sekitar lima hari sejak tanggal itu pameran berlangsung," kata Zainatun Nisya.

Sedikitnya ada dua potensi yang bakal menjadi andalan Banjar maupun Provinsi Kalimantan Selatan. Pertama, batu mulia dari Kabupaten Martapura. Kemudian, kain batik sasirangan. Kain ini menjadi pakaian adat Suku Banjar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com