Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temui Jokowi, General Electric Bahas Proyek Turbin Gas di Indonesia Timur

Kompas.com - 20/10/2015, 14:34 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui CEO General Electric Jeffrey R. Immelt dan CEO General Electric Indonesia Handry Satriago di Istana Merdeka, Selasa (20/10/2015).

Pertemuan membahas ketertarikan GE untuk menggarap teknologi turbin gas untuk pembangkit listrik di kawasan Indonesia Timur.

"GE kan sudah lama sekali ada di Indonesia, dan mereka pemain yang secara teknologi sangat kuat. Sekarang ada satu kerja sama dengan PLN untuk melistriki daerah-daerah yang tidak terkoneksi dengan national grid," ujar Menteri ESDM Sudirman Said di Istana Kepresidenan, Selasa (20/10/2015).

Selain Sudirman, turut mendampingi Jokowi adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PLN Sofyan Basir, dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki.

Sudirman mengungkapkan, GE tertarik untuk membantu teknologi gas turbin untuk wilayah Indonesia Timur. Teknologi gas turbin itu akan bisa menghasilkan 1.000 MW listrik dalam waktu sembilan bulan.

"Karena itu kemudian kerja sama dengan anak usaha PLN, dan PLN bisa mempercepat peningkatan elektrifikasi," ujar dia.

Saat ditanyakan nilai investasi GE untuk proyek gas turbin ini, Sudirman mengaku tidak tahu karena menjadi wewenang Kepala Bappenas.

Dia hanya menyiapkan agar program pemerintah untuk elektrifikasi wilayah pelosok Indonesia bisa berjalan dengan teknologi yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com