Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Tipis, Harga Minyak Masih di Kisaran 45 Dollar AS

Kompas.com - 23/10/2015, 07:06 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak dunia naik tipis pada perdaganan Kamis (22/10/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB). 

Para pedagang memanfaatkan rendahnya harga emas hitam ini setelah turun tajam sehari sebelumnya.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember, naik 18 sen menjadi berakhir di 45,38 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember, naik 23 sen ke posis 48,08 dollar AS per barrel di perdagangan London.

Pada Rabu, pasar mencatat kerugian tajam seiring dengan adanya data yang menunjukkan stok minyak mentah AS meningkat lebih besar dari yang diperkirakan. Hal tersebut menambah kekhawatiran tentang banyaknya pasokan global yang telah menekan harga lebih dari tahun.

Kenaikan stok itu, diimbangi oleh penurunan tipis pada persediaan bensin dan distilat AS.

"Setidaknya dalam waktu dekat, pasar sedang menguji argumen bahwa penurunan persediaan produk untuk pekan lalu adalah lebih penting daripada penumpukan dalam minyak mentah, meskipun kita berpikir banyak dari pemulihan lebih karena faktor teknikal alami," kata Tim Evans dari Citi Futures.

Namun, Evans mengatakan bahawa berlanjutnya kenaikan stok mengkonfirmasi kelebihan pasokan yang sedang berlangsung.

Pasar juga merasakan tekanan dari perlambatan ekonomi Tiongkok, yang pekan ini melaporkan bahwa produk domestik brutonya pada kuartal ketiga tumbuh di kecepatan yang paling lambat dalam lebih dari enam tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com