Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Kembali Turun

Kompas.com - 23/10/2015, 08:09 WIB
CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada perdagangan Kamis (22/10/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB).

Penurunan tersebut didorong oleh menguatnya dollar AS setelah data ekonomi Amerika Serikat lebih baik dari perkiraan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember, turun satu dollar AS, atau 0,09 persen, menjadi 1.166,10 dollar AS per ounce.

Logam mulia berada di bawah tekanan ketika indeks dollar AS naik menyusul pernyataan Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi usai pertemuan ECB.

Kenaikan dollar AS menekan harga emas yang dihargakan dalam mata uang Amerika Serikat tersebut.

Draghi mengisyaratkan stimulus ekonomi lebih lanjut dalam bentuk pembelian obligasi. Pasar ekuitas AS dan Eropa menguat dipicu berita tersebut karena para analis mencatat bahwa stimulus akan baik untuk aset-aset berisiko di Eropa.

Semetnara perak untuk pengiriman Desember naik 12,7 sen, atau 0,81 persen, menjadi 15,837 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari bertambah 5,8 dollar AS, atau 0,58 persen, ditutup pada 1.012,90 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com