Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlu Kerja Keras Mencapai Swasembada Gula

Kompas.com - 27/10/2015, 15:29 WIB

KOMPAS.com - Peningkatan produksi gula nasional yang menjadi salah satu program swasembada pangan Kementerian Pertanian dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah hal penting. Seturut catatan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam buku Kinerja Satu Tahun Kementerian Pertanian Oktober 2014-Oktober 2015 yang disampaikan pada Selasa (20/10/2015) di Kabupaten Subang, Jawa Barat, kemungkinan produksi gula hingga sepanjang 2015 mencapai 2,72 juta ton. Angka ini meningkat jika dibandingkan setahun silam. Kala itu, produksi gula menyentuh angka 2,63 juta ton.

Pemerintah mendorong produksi gula untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi, industri rumah tangga, dan kebutuhan khusus. Caranya melalui perluasan lahan pada 15 pabrik gula (PG) yang sudah ada existing. Sementara, pemerintah juga membangun 16 PG baru.

Catatan Kementerian Pertanian juga menunjukkan bahwa sepanjang Oktober 2015 - November 2015 ada dua proyek investasi terkait produksi gula. Pertama, konstruksi pembangunan PG Tambora Sugar Estate sudah rampung 62,9 persen. Rencananya, proses giling pertama berlangsung pada April 2016 dengan kapasitas 5.000 - 10.000 ton cane per day (TCD).

Kedua, pembangunan kebun tebu dan operasionalisasi satu PG di Lamongan, Jawa Timur. Tes proses giling sudah berlangsung pada 28 September 2015 dengan target tebu rakyat mitra (TRM) dan tebu rakyat bebas (TRB) seluas 18 ribu hektar di Jawa Timur.

Tanaman tebu

Sementara itu, data terkini Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan total luas tanaman tebu di Indonesia sekitar 470.000 hektar. Saat ini, di Jawa Timur sudah ada peningkatan luas tanaman menjadi 250.000 hektar. Pada lahan seluas itu, diprediksikan produksi gula mencapai 1,3 juta ton.

Asosiasi Gula Indonesia dalam catatannya menyatakan untuk mencapai swasembada gula pada 2019 diperlukan tambahan lahan tebu hingga 350.000 hektar. Angka produktivitas harus di atas 120 ton per hektar dengan rendemen 10 persen.

Asosiasi juga berpandangan hingga lima tahun ke depan sejak 2015 ada peningkatan produksi gula menjadi 8 ton per hektar. Saat ini, pencapaiannya baru 5,6 ton per hektar.

Produksi gula Indonesia dipatok 4 juta ton per tahun. Sekarang, angka pencapaiannya masih berada di posisi 2,5 juta ton.

Asosiasi mencatat setiap tahun masih ada impor 3,5 juta ton gula kristal mentah (GKM) untuk bahan gula rafinasi. Sementara, kebutuhan gula dalam negeri adalah 5,3 juta ton per tahun. Rinciannya, 2,8 juta ton gula konsumsi dan 2,5 juta ton GKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com